Hotline (021) 765 6000
 
     


Dewasa ini persaingan bisnis rumah sakit sangat ketat, sehingga rumah sakit harus melakukan kegiatan usahanya secara efektif dan efisien tanpa mengorbankan standar kualitas pelayanan. System jaminan kesehatan nasional (SJSN), dengan program Universal Coverage yang dicanangkan di tahun 2014 dengan BPJS sebagai pengelolanya, hal ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi rumah sakit maupun investor yang ingin masuk bisnis rumah sakit, karena pemerintah telah menyiapkan anggaran puluhan trilyun untuk mendukung BPJS di tahun 2014. Namun disisi lain rumah sakit harus kuat pada system keuangan dan perhitungan biaya rumah sakit sehingga tidak mengalami kerugian dalam bekerjasama dengan BPJS dan masih mempunyai mutu yang baik dan sesuai standarisasi kedokteran.


Unit cost, tarif dan mutu pelayanan rumah sakit merupakan point penting dan isu hangat yang menjadi kepentingan dari berbagai shareholder rumah sakit, seperti owner, pelaksana dan masyarakat pada umumnya. Biaya pelayanan yang sangat tinggi dan selalu meningkat, bedampak pada tariff yang diberlakukan rumah sakit. Tarif yang kompetitif dan bersaing serta tuntutan akan mutu pelayanan yang baik menjadi dilema tersendiri bagi rumah sakit sehingga perlu menyusun strategi atau terobosan yang sifatnya win win solution. Pada satu sisi rumah sakit diharapkan bisa memberikan pelayanan yang bermutu kepada pasien umum namun di sisi lain rumah sakit juga dituntut untuk efisien sehingga biaya kesehatan harus dikelola dengan baik. Alat untuk mencapai strategi tersebut adalah Analisis Biaya Pelayanan Rumah Sakit atau yang dikenal dengan Penghitungan Unit Cost.


Untuk itu Rumah Sakit Setia Mitra telah melakukan kerjasama dengan Sansekerta Consulting Group guna menyelenggarkan bimbingan-bimbingan dalam workshop yang dimulai tahap pertama pada tanggal 12–13 Oktober 2017 bertema Penghitungan Unit Cost Rumah Sakit Setia Mitra Sebagai Dasar Tarif, Efisiensi dan Perencanaan Bisnis RS di Era Globalisasi(MEA) dan Jaminan Kesehatan Nasional(BPJS) dilanjutkan workshop berikutnya pada tanggal 2 Nopember 2017 dengan tema “Penyusunan Tarif Berdasarkan Unit Cost dan Mutu Layanan Dalam Era Universal Coverage 2019 dan Globalisasi 2020”.


Dengan telah terselenggaranya workshop-workshop tersebut diharapkan mampu menganalisis biaya pelayanan setiap pelayanan yang ada, menghasilkan perhitungan unit cost yang dapat dijadikan dasar usulan tarif baru, sehingga tersusun tarif Rumah Sakit Setia Mitra yang efisien, profitable dan berdaya saing menuju rumah sakit yang bermutu dan profitable.